Ide Inspiratif Dan Elegan Untuk Dekorasi Pernikahan

Anda ingin momen pernikahan menjadi berkesan. Banyak biaya digunakan untuk mewujudkan dekorasi dan tema yang indah. Saat ini, inspirasi dekorasi pernikahan datang dari berbagai sumber. Dekorasi berkaitan dengan tema, suasana, dan tampilan yang akan diusung saat pernikahan. Pastikan Anda memilih yang tepat sehingga membuat kagum dan layak untuk dikenang.

Ide dan Desain Untuk Dekorasi Pernikahan

Ide Inspiratif Dan Elegan Untuk Dekorasi Pernikahan

Perkembangan zaman membuat desain dan dekorasi tidak lagi harus sama di setiap pernikahan. Mempelai ingin tampil berbeda bahkan tampak unik. Tentu saja, jenis dekorasi harus sesuai dengan apa yang sudah lumrah meskipun selalu ada tempat untuk berekspresi. Untuk dekorasi yang inspiratif, Anda bisa mengecek daftar berikut ini.

  1. Dekorasi minimalis

Gaya minimalis sudah berkembang ketika pernikahan lebih mementingkan acara inti. Perlu Anda ketahui, ide ini bukan berarti tidak ada dekorasi. Sebaliknya, desain dan tampilan seolah lebih sederhana. Tidak banyak ornamen dan hiasan di sekitar pelaminan. Akan tetapi, dekorasi berfokus ke bahan dan penempatan medianya.

 

  1. Nuansa alami

Salah satu ide untuk dekorasi adalah nuansa alami. Anda memiliki dua pilihan untuk menyelenggarakan pernikahan dengan ide ini. Pertama, dekorasi hanya sebatas hiasan dan acara tetap di luar ruangan. Kedua, Anda secara langsung menunjukkan suasana alami karena acara berlangsung di sebuah taman atau alam terbuka.

 

  1. Pernikahan di luar ruangan

Masyarakat sering mengadakan hajatan di luar ruangan. Mereka membuat panggung dan tenda untuk kebutuhan pernikahan. Konsep ini merupakan solusi bagi mereka yang ingin hemat tetapi dengan dekorasi yang indah. Luar ruangan juga ada dua pendekatan. Pertama, dekorasi menutup beberapa bagian sehingga area pernikahan sangat eksklusif. Keamanan sangat penting untuk kondisi ini. Di sisi lain, dekorasi dapat berbentuk terbuka secara langsung. Semua orang bisa melihat dari kejauhan pelaminan tersebut.

 

  1. Dekorasi bunga

Bunga adalah simbol yang identik dengan romantis dan cinta. Salah satu tema untuk pernikahan adalah bunga. Anda bisa menggunakan dekorasi pernikahan ini dengan mudah. Bunga diletakkan di beberapa sudut dan seolah mendominasi seluruh ruangan. Pastikan memilih jenis bunga yang tepat. Jika memungkinkan porsi bunga asli dan buatan harus seimbang.

 

  1. Nuansa pantai

Pernikahan di tepi pantai sudah menjadi hal biasa. Anda melakukannya di sebuah resort yang memang memiliki pantai tersendiri. Dekorasinya cenderung sederhana dan terbuka. Anda melihat langsung pantai sebagai latar belakang. Nuansa ini merupakan momen yang baik jika ingin mengadakan pernikahan secara private.

 

  1. Konsep piknik dan kasual

Pernahkah Anda melakukan piknik? Pengunjung datang dan membaur bersama sembari makan dan minum. Tidak ada sekat dan setiap orang bisa berinteraksi bebas. Suasana kasual seperti ini lebih nyaman ketika Anda mengadakan pernikahan. Tamu diberi kebebasan untuk tidak harus duduk di kursi tertentu. Ide ini membutuhkan perencanaan yang matang. Nuansa piknik tidak teratur sehingga butuh cara untuk memastikan semua berjalan lancar.

 

  1. Dekorasi Eropa

Bagi yang suka negara Eropa, pernikahan dengan nuansa dan dekorasi ini sudah pasti sangat didambakan. Anda bisa membuat dekorasi dengan latar belakang istana atau taman. Eropa menjadi inspirasi untuk banyak hal termasuk pernikahan.

 

  1. Dekorasi Jepang dan Korea

Jepang dan Korea menjadi dua negara yang berhasil menyebarkan budaya ke negara lain termasuk Indonesia. Salah satunya adalah konsep pernikahan. Anda sering menonton acara-acara dimana pernikahan berlangsung. Dekorasi ala Jepang menggunakan pendekatan alam dan kesederhanaan. Anda bisa mengadopsinya dan menyesuaikan dengan kondisi setempat.

 

  1. Dekorasi tradisional

Indonesia memiliki banyak budaya bahkan adat pernikahan harus sesuai dengan dimana orang tersebut berasal. Anda bisa menggunakan opsi ini dengan beberapa sentuhan modern dan masa kini. Budaya tradisional masih menjadi pilihan utama ketika pernikahan. Kedua keluarga ingin mempelai menghargai leluhur. Tentu saja, beberapa prosesi tidak lagi lengkap karena membutuhkan waktu dan biaya banyak. Yang terpenting adalah dekorasi pernikahan tampak elegan dan menakjubkan.

 

  1. Dekorasi ala timur tengah

Ide selanjutnya adalah konsep dekorasi ala timur tengah. Sebagaimana yang kita ketahui, budaya mereka sudah terkenal di Indonesia. Ide ini sangat cocok untuk kalangan tertentu. Anda juga bisa menerapkannya sembari mengganti beberapa aspek agar lebih sesuai dengan budaya setempat. Dekorasi akan tampak indah dan menjadi momen yang tidak dilupakan.

Tips Melakukan Dekorasi Di Pernikahan

dekorasi pernikahan

Karena banyak ide, Anda membutuhkan tips untuk memilih yang tepat. Pertama, cermati kondisi budaya dan keinginan dari dua belah pihak. Pasangan mudah ingin sesuatu yang berbeda tetapi keluarga lebih cenderung ketat terkait ide pernikahan. Mereka ingin mengadopsi budaya yang memang sudah dilakukan turun temurun. Sebagai solusi, pilih konsep dan dekorasi yang bisa menyatukan keduanya.

Aspek penting lain adalah biaya. Anda bisa membuat dekorasi apapun selama biaya tersedia. Tentu saja, mereka masih harus menghitung secara cermat pengeluaran untuk kebutuhan ini. Pilih dekorasi yang sesuai dengan budget dan cari alternatif jika ide yang diinginkan tidak terjangkau.